Sabtu, 21 Juni 2014

Tata Letak Komponen Pembentuk Motherboard

Tata Letak Komponen Pembentuk Motherboard

Setelah Anda tahu apa yang Anda lihat, Anda dapat mengenali komponen pada setiap motherboard layout. Sebuah diagram motherboard komputer sangat berguna ketika Anda perlu mengganti motherboard, melakukan upgrade motherboard, masalah motherboard, atau membangun komputer sendiri.

  
  1. PCI Slot - papan ini memiliki 2 slot PCI. Ini dapat digunakan untuk komponen seperti Ethernet card, kartu suara, dan modem.
  2. PCI-E 16x Slot - Ada 2 dari mereka di diagram motherboard, keduanya biru. Ini digunakan untuk kartu grafis . Dengan dua dari mereka onboard, Anda dapat menjalankan 2 kartu grafis di SLI. Anda hanya akan perlu ini jika Anda adalah seorang gamer, atau bekerja dengan video high end / mengedit grafis. Ini adalah kecepatan 16x versi, yang saat ini tercepat.
  3. PCI-E 1x Slot - slot Single – Dalam generasi PCIe 1.x, masing-masing jalur (1x) membawa 250 MB / s dibandingkan dengan 133 MB / s untuk slot PCI. Ini dapat digunakan untuk kartu ekspansi seperti kartu suara, atau Kartu Ethernet.
  4. Northbridge - Ini adalah Northbridge untuk motherboard ini. Hal ini memungkinkan komunikasi antara CPU dan memori sistem dan PCI-E slot.
  5. ATX 12V 2X dan 4 Pin Power Connection Power Connection - Ini adalah salah satu dari dua sambungan listrik yang memasok listrik ke motherboard . Koneksi ini akan datang dari Power Supply Anda.
  6. CPU-Fan Koneksi – Ini adalah di mana kipas CPU Anda akan terhubung. Menggunakan hubungan ini lebih dari satu dari catu daya Anda akan memungkinkan motherboard untuk mengontrol kecepatan kipas Anda, didasarkan pada temperatur CPU.
  7. Socket - Ini adalah di mana CPU anda akan plug in Braket oranye yang sekitarnya digunakan untuk heat sink high end. Ini membantu untuk mendukung berat heat sink.
  8. Slot memori - Ini adalah slot untuk RAM . Kebanyakan forum akan memiliki 4 slot, tetapi beberapa hanya akan memiliki 2. Warna coding Anda lihat pada diagram motherboard digunakan untuk mencocokkan RAM untuk Dual-Channel. Menggunakan mereka dengan cara ini akan memberikan Anda dorongan memori kecepatan.
  9. ATX Power Konektor - Ini adalah kedua dari dua koneksi kekuasaan. Ini adalah sambungan listrik utama untuk motherboard, dan berasal dari Power Supply.
  10. Koneksi IDE - IDE (Integrated Drive Electronics) adalah koneksi untuk hard drive atau CD / DVD drive. Kebanyakan drive hari ini datang dengan koneksi SATA, sehingga Anda mungkin tidak menggunakan ini.
  11. Southbridge - Ini adalah kontroler untuk komponen seperti PCI slot, audio onboard, dan koneksi USB.
  12. Koneksi SATA - Ini adalah 4 dari 6 koneksi SATA pada motherboard. Ini akan digunakan untuk hard drive , dan CD / DVD drive.
  13. Depan Koneksi Panel - ini adalah di mana Anda akan hook dalam koneksi dari kasus Anda. Ini adalah sebagian besar lampu yang berbeda pada kasus Anda, seperti daya, aktivitas hard drive dll
  14. Koneksi FDD - The FDD adalah Floppy Disk controller. Jika Anda memiliki drive floppy disk di komputer Anda, ini adalah di mana Anda akan hook it up.
  15. Eksternal USB Koneksi - Ini adalah di mana Anda akan memasang koneksi USB eksternal untuk kasus Anda atau braket USB.
  16. Baterai CMOS - Ini adalah baterai motherboard. Ini digunakan untuk memungkinkan CMOS untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Kode Kabel

*untuk mudah menghafalnya, cukup hafalkan inisialnya saja, jadi HCMOKIBUAP~ ^^


Kode-kode kabel ini digunakan untuk menghitung hambatan kabel komputer ataupun sekedar mengetahui kode kabel, agar mudah menyebutnya. Gak mungkin, kan, satu plug dengan 10 kabel kita sebut satu-satu? Yang ada malah ngamuk dah itu teknisi~ xDD

Mengetahui Kode Kabel
Cara membacanya :
1. Lihat kabel paling kanan dan paling kiri.
2. Cari kode kabelnya; sudah disebutkan kode-kode kabel pada tabel di atas
3. Setelah kode kabel yang paling kanan dan paling kiri diketahui, lihat, dari kedua kabel tersebut yang mana yang memiliki kode terkecil; misalnya yang paling kanan adalah kabel warna merah (kode : 2) dan yang paling kiri adalah kabel warna coklat (kode : 1), berarti yang memiliki kode terkecil adalah kabel yang paling kiri, kabel coklat
4. Setelah diketahui dari kedua kabel tersebut yang mana yang paling kecil, mulailah membaca dari direksi tersebut; misalnya seperti contoh di atas, kabel coklat memiliki kode kabel lebih kecil dari kabel merah, jadi mulailah membaca kode kabel dari kabel coklat, terus menuju sampai ke kabel merah
5. Misalnya, kabel memiliki warna Coklat - Hitam - Ungu - Merah, berarti urutan membacanya adalah dari coklat, hitam, ungu, lalu merah, karena kabel coklat memiliki kode kabel yang lebih kecil dari kabel merah. Jadi kode kabel tersebut adalah 1072.
Bagaimana? Sudah mengertikah? Kalau begitu, ayo, coba cari kode kabel di bawah ini :
o>  Oranye - Putih - Biru - Coklat
      Jawaban : 1693
o>  Hijau - Ungu - Abu-abu - Hitam
      Jawaban : 0875
o>  Kuning - Merah - Oranye - Biru
      Jawaban : 4236
untuk mengetahui jawaban, cukup blok kotak hitam di samping kata jawaban~ :3


Mengetahui Hambatan Kabel (3 kabel)
Untuk mengetahui hambatan kabel, langkah-langkahnya :
1. Lakukan cara di atas untuk mencari kode kabel terlebih dahulu
2. Setelah diketahui kode kabel, untuk mengetahui hambatannya adalah sebagai berikut :
    - Kode kabel yang pertama menjadi nomor pertama dari hambatan
    - Kode kabel terakhir sebagai jumlah angka 0 yang harus ditambahkan di akhir
3. Misalkan, pada kabel Coklat - Hitam - Coklat (kode kabel 101), maka hambatannya adalah 100 ohm. Mengapa? Karena, seperti yang disebukan di atas, warna coklat dengan kode kabel 1 sebagai nomor pertama, lalu hitam dengan kode kabel 0, dan coklat terakhir dengan kode kabel 1 menambahkan sebuah angka 0 di belakang hambatan. Jadi, jika kabel terakhir berwarna merah, maka tambahkan dua buah angka 0, dan jika kabel terakhir berwarna kuning, maka tambahkan empat buah angka 0.
Mengerti? Saya akan berikan 1 contoh lagi :
Hambatan kabel Merah - Hitam - Hijau (kode kabel : 205) adalah 2000000 ohm. Karena, Merah dengan kode kabel 2 sebagai nomor di depan, hitam dengan kode kabel 0, dan hijau terakhir dengan kode kabel 5 menambahkan lima buah angka 0 pada akhr hambatan
Oke, latihan, ya~ ^^
o> Kuning - Hitam - Biru
     jawaban : 40000000 ohm
o> Oranye - Hitam - Ungu
     jawaban : 300000000 ohm
o> Coklat - Hitam - Merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar